Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Nabawi: Journal of Hadith Studies?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel ditulis dengan font Times New Arabic, size 12, spasi 1.5, minimal 25 halaman. download font di sini. Adapun tulisan ayat/hadits ditulis dengan font Traditional Arabic, size 18, dan spasi 2.
  2. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Penulisan kata asing yang belum diserap dalam bahasa indonesia, ditulis cetak miring (italic). Khusus untuk kata asing dari Bahasa Arab, ditulis dengan standar transliterasi keputusan bersama (SKB) antara Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Kebudayaan tentang Pedoman Transliterasi Arab Latin. Download pdfnya di sini.
  4. Jumlah halaman artikel pada jurnal ini minimal 25 halaman. Setiap artikel yang dimuat dalam Nabawi: Journal of Hadith Studies harus menyesuaikan dengan aturan baku sesuai di panduan ini.
 

Kerangka Artikel terdiri dari :  

Judul, 

Abstrak,

A. Pendahuluan,

B. Kerangka Teoritis,

C. Metode,        

D. Hasil dan Pembahasan,

E. Kesimpulan

Daftar Pustaka

Judul Penelitian

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut.

Abstract

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, berisi uraian singkat 200-250 kata tentang: pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 5 kata kunci. Kata kunci yang ditulis harus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

Pendahuluan

Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul  (sub-heading).

Kerangka Teori

Judul kerangka teori dapat mengunakan nama teori atau metode yang akan dipakai. Bagian kerangka teori berisi kerangka teori yang akan dibahas sebagai landasan teori yang akan digunakan pada metodologi untuk menghasilkan temuan sebagaia hasil.

Metode

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.

Kesimpulan

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

Daftar Pustaka

Footnote dan daftar pustaka ditulis dengan Chicago Style. Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan menurut abjad sesuai huruf pertama nama penulis. Para penulis yang dirujuk harus sesuai pada daftar pustaka yang diberikan.  

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang di-submit, belum pernah diterbitkan dan tidak sedang di-submit ke jurnal lain.
  2. Artikel dikirim dengan format OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF (Rich Text Format).
  3. Spasi teks 1,5; font memakai Times New Arabic dengan ukuran 12; jika diperlukan, isi tulisan menggunakan italic (cetak miring), bukan bold (kecuali tanda guru-murid dalam takhrij) atau underline (kecuali alamat URL); Semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan pada tempat yang tepat dalam teks, bukan di akhir artikel.
  4. Artikel sudah mengikuti panduan Author Guidelines.
  5. Semua rujukan telah dimasukkan pada daftar pustaka. Daftar pustaka hanya berisi rujukan yang dipakai dalam artikel. Jika ada rujukan internet, link URL masih aktif.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.