Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual (Analisis Pemikiran Muhammad Syuhudi Ismail)

Dayan Fithoroini

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang pemahaman terhadap hadis tekstual dan kontekstual. Tokoh yang diteliti adalah Muhammad Syuhudi Ismail yaitu salah satu tokoh hadis di Indonesia dengan buku yang ditulis yaitu, Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual. Dalam memahami sebuah hadis, Muhammad Syuhudi Ismail melakukannya dengan beberapa cara yaitu: Pertama, menganalisis teks. Kedua, Mengidentifikasikan konteks historis munculnya hadis. Ketiga, Kontekstualisasi hadis. Jenis penelitian ini adalah normative dengan melakukan pendekatan kepustakaan. Adapun sumber yang digunakan dalam penulisan ini adalah buku Hadis Yang Tekstual dan Kontekstual serta buku-buku lain atau jurnal yang berhubungan dengan penulisan. Adapun cara menganalisisnya yaitu dengan menggunakan metode content analysis atau metode analisis isi. Dalam artikel ini menjelaskan pemikiran dari Muhammad Syuhudi Ismail, pemikirannya dalam memahami hadis menunjukkan bentuk hermeneutik dijelaskan dengan adanya analisis teks-konteks. Dalam menganalisis konteks hadis, Syuhudi Ismail juga terpengaruh oleh pemikiran tokoh hadis sebelumnya, yaitu Imam Syihabuddin al-Qarafi dan Syah Waliyullah al-Dahlawi. Keterpengaruhan tersebut diperkuat dengan adanya penelitian berupa karya ilmiah dari Muhammad Syuhudi Ismail yang menganalisis pemikiran dua tokoh tersebut.


Keywords


muhammad syuhudi ismail; pemikiran hadis; hadis tekstual dan kontekstual

References


al-Asqalani, Ahmad bin ‘Ali Ibnu Hajar, Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, Juz VI, Mesir: Dar al-Fikr, tth.

al-Dahlawi, Syah Waliyullah, Hujjatullah al-Balighah, Beirut: Daar al-Jil, 2005.

al-Qardawi, Yusuf, Sunnah Rasul Sumber Ilmu Pengetahuan dan Peradaban, terj. Abdl Hayyie al-Kattanie, Cet. Ke-II, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Amrulloh, Kontribusi M. Syuhudi Ismail Dalam Kontekstualisasi Pemahaman Hadis, Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, 1, (Juni, 2017).

Anggoro, Taufan, Analisis Pemikiran Muhammad Syuhudi Ismail Dalam Memahami Hadis, Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 2, (Maret, 2019).

Anggoro, Taufan, Wacana Studi Hadis Di Indonesia: Studi Atas Hermeneutika Hadis Muhammad Syuhudi Ismail, Diya al-Afkar, 2, (Desember, 2018).

Dharma, Surya, Konsep dan Teknik Penelitian Gender, Malang: UMM Press, 2008.

Ismail, Muhammad Syuhudi, Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2009.

Ismail, Muhammad Syuhudi, Pengantar Ilmu Hadis, .Bandung: Angkasa, 2008.

Jaya, Canra Krisna, Kritik Terhadap Pemahaman Yang Menyatakan Bahwa Kepemimpinan Islam Harus Berasal Dari Bani Quraisy, Jurnal Al-Ashriyyah, 2, (Oktober, 2018).

Mustakim, Abd., Ilmu Ma’an al-Hadis: Paradigma Interkoneksi Berbagai Teori dan Metode Memahami Hadis Nabi, Yogyakarta: IDEA Press, 2016.

Su’aidi, Hasan, Hermeneutika Hadis Syuhudi Ismail, Religia, 1, (2017).

Suliaman, Fithriady Ilyas, Ishak bin Hj., Muhammad Syuhudi Ismail (1943-1995) Tokoh Hadis Prolifik, Ensklopedik, Dan Ijtihad, Islam Futura, 1, (Agustus, 2017).

Tasbih, Urgensi Pemahaman Kontekstual Hadis (Refleksi Terhadap Wacana Islam Nusantara), Al-Ulum, 1, (Juni, 2016).


Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dayan Fithoroini



Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng

Jl. Irian Jaya No.10 Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

email: jurnal@tebuireng.ac.id


 

    


Lisensi Creative Commons

Under Liscense of Creative Commons Attributioni-NonCommercial 4.0 International.