Sanad Digital: Ijazah Hadis Musalsal dalam Kajian Hadis Virtual di Grup dan Halaman Facebook

Muhammad Akmaluddin

Abstract


Ijazah adalah salah satu metode dalam taḥammul wa adā’ al-ḥadīṡ dimana guru memberikan izin kepada muridnya untuk meriwayatkan suatu hadis, baik dengan lisan atau tulisan, dengan memberikan informasi secara global menurut tradisi yang ada. Kajian sanad digital yang berupa ijazah sanad hadis dalam kajian hadis di media online, utamanya di media sosial seperti Facebook, masih belum banyak dikaji. Artikel ini akan membahas bagaimana validitas sanad digital dengan memberikan sanad ijazah secara online serta pengaruhnya dalam kajian hadis virtual. Tulisan ini adalah penelitian literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten. sanad digital yang tertulis sebagaimana diberikan oleh Dār al-Ḥadīṡ fī Kirkūk dan al-Madrasah al-Rabbāniyyah, yang berisi lengkap dengan sanad hadis, nomor dan tanggal ijazah, nama kitab, nama guru, nama penerima ijazah, asal negara, ijazah secara umum atau khusus, mendengarkan dengan sepenuhnya, sebagian, atau sebagian kecil, tanggal ijazah, stempel pengelola kajian dan lainnya, dan kemudian diperiksa lagi oleh pemberi ijazah, termasuk kategori arfa‘ al-ijāzah (ijazah yang paling tinggi). Fenomena kajian hadis di Grup Facebook Dār al-Ḥadīṡ fī Kirkūk dan Halaman Facebook al-Madrasah al-Rabbāniyyah menunjukkan bahwa era digital semakin menambah masifnya kajian hadis. Pemahaman masyarakat akan berbagai bentuk kajian hadis, utamanya hadis musalsal, menjadi lebih baik karena mempraktekkannya secara langsung. Di samping itu, kajian hadis tradisional harus tetap dilestarikan di era digital yang tanpa batas ruang dan waktu.

Keywords


sanad digital; Facebook; ijazah hadis; kajian hadis; hadis virtual

References


Akmaluddin, Muhammad. “Developments of Ḥadīth Riwāya in Al-Andalus (2nd - 3rd Centuries of Hijriyya).” Ulumuna 21, no. 2 (2017): 228–52. doi:10.20414/ujis.v21i2.5.

“Al-Madrasah al-Rabbāniyyah Li al-‘Ilm Wa al-Ma‘rifah Bi Allāh.” Facebook Page. Accessed October 19, 2021. https://web.facebook.com/alrubania.

“Al-Madrasah al-Rabbāniyyah Li al-‘Ilm Wa al-Ma‘rifah Bi Allāh - Majlis ‘Īd al-Aḍḥā al-Mubārak.” Facebook Page, July 20, 2021. https://web.facebook.com/watch/live/?ref=watch_permalink&v=1255131741597032.

Baghdādī, Aḥmad bin ‘Alī al-Khaṭīb al-. Al-Jāmi‘ Li Akhlāq al-Rāwī Wa Ādāb al-Sāmi‘. Edited by Maḥmūd al-Ṭaḥḥān. Riyadh: al-Ma‘ārif, n.d.

———. Al-Kifāyah Fī ‘Ilm al-Riwāyah. Edited by Abū ‘Abd Allāh al-Sauraqi and Ibrāhīm Ḥamdī al-Madanī. Madinah: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah, n.d.

———. Al-Riḥlah Fī Ṭalab al-Ḥadīṡ. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1975.

———. Taqyīd Al-‘Ilm. Beirut: Iḥyā’ al-Sunnah al-Nabawiyyah, n.d.

Batubara, Hamdan Husein. “Pemanfaatan Ensiklopedi Hadis Kitab 9 Imam sebagai Media dan Sumber Belajar Hadis.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (May 28, 2017): 63–74. doi:10.31602/muallimuna.v2i2.769.

“Dār Al-Ḥadīṡ Fī Kirkūk.” Facebook Group. Accessed October 19, 2021. https://web.facebook.com/groups/208358573716369.

“Dār Al-Ḥadīṡ Fī Kirkūk - Majlis Qirā’ah al-Musalsal Bi Yaum al-‘Īd.” Facebook Group, May 24, 2020. https://web.facebook.com/groups/208358573716369/posts/248170339735192.

Fahrudin, Fahrudin. “Kajian Hadis Era Android (Telaah Aplikasi ‘Masuk Surga’ Karya Ahmad Lutfi Fathullah).” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 1 (September 30, 2019). doi:10.15575/diroyah.v4i1.6013.

Fikriyyah, Dliya Ul. “Telaah Aplikasi Hadis (Lidwa Pusaka).” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 17, no. 2 (May 8, 2018): 271. doi:10.14421/qh.2016.1702-07.

Ibn ‘Abd al-Barr, Yūsuf bin ‘Abd Allāh. Jāmi‘ Bayān al-‘Ilm Wa Faḍlihī. Edited by Abū al-Asybāl al-Zuhairī. Makkah: Dār Ibn al-Jauzī, 1994.

‘Irāqī, ‘Abd al-Raḥīm bin al-Ḥusain al-. Al-Taqyīd Wa al-Īḍāḥ Syarḥ Muqaddimat Ibn al-Ṣalāḥ. Edited by ‘Abd al-Raḥmān M. ‘Uṡmān. Madinah: M. ‘Abd al-Muḥsin al-Kutubī, 1969.

Juynboll, G. H. A. Encyclopedia of Canonical Ḥadīth. Brill, 2007. http://booksandjournals.brillonline.com/content/books/9789047422723.

———. Muslim Tradition: Studies in Chronology, Provenance and Authorship of Early Hadith. Cambridge: Cambridge University Press, 1980.

Kocdar, Serpil, Abdulkadir Karadeniz, and Nil Goksel. “Using Facebook for Leveraging Sense of Community in Self-Paced Open and Distance Learning Courses.” International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET) 13, no. 05 (April 30, 2018): 100–116.

Kustriyanti, Sri. “Memahami Perilaku Partisipasi Anggota Komunitas Virtual Pada Grup Belajar Di Facebook Dalam Perspektif Usability.” Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika 1, no. 1 (February 1, 2018): 38–42. doi:10.36040/mnemonic.v1i1.18.

Maulana, Luthfi. “Periodesasi Perkembangan Studi Hadits (Dari Tradisi Lisan/Tulisan Hingga Berbasis Digital).” Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 17, no. 1 (April 1, 2016): 111–23. doi:10.14421/esensia.v17i1.1282.

Nasution, Awal Kurnia Putra. “Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class,” October 8, 2018.

Nawawī, Yaḥyā bin Syaraf al-. Al-Taqrīb Wa al-Taisīr Li Ma‘rifah Sunan al-Basyīr Wa al-Nażīr. Edited by M. Uṡmān al-Khasyt. Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 1985.

Nugroho, Arif, and Anna Agustina. “Examining Corporate Engagement in Social Media: Advancing The Use of Facebook for Corporation Page.” CoverAge: Journal of Strategic Communication 10, no. 2 (March 29, 2020): 1–10. doi:10.35814/coverage.v10i2.1377.

Rāmahurmuzī, al-Ḥasan bin ‘Abd al-Raḥman bin al-Khallād al-. Al-Muḥaddiṡ al-Fāṣil Baina al-Rāwī Wa al-Wā‘ī. Edited by Muḥammad ‘Ajjāj al-Khaṭīb. Beirut: Dār al-Fikr, 1404.

Sakhāwī, Muḥammad bin ‘Abd al-Raḥmān al-. Fatḥ Al-Mughīṡ Bi Syarḥ Alfiyyah al-Ḥadīṡ. Edited by ‘Alī Ḥusain ‘Alī. Mesir: Maktabah al-Sunnah, 2003.

Sāmarrā’ī, ‘Abbās Fāḍil al-Ḥasanī al-. “Ijāzah Bi Majlis Samā‘ Ḥadīṡ Musalsal Bi al-Awwaliyyah Wa Ḥadīṡ Musalsal Bi al-Maḥabbah Kitāb al-Arba‘ūn al-Nawawiyyah Wa Ṡulāṡiyyāt al-Imām al-Bukhārī.” al-Madrasah al-Rabbāniyyah li al-‘Ilm wa al-Ma‘rifah bi Allāh, August 10, 2020.

Sundjaja, Arta Moro, Ford Lumban Gaol, Sri Bramantoro Abdinagoro, and Bahtiar S. Abbas. “The Behavior of Online Museum Visitors on Facebook Fan Page of the Museum in Indonesia.” Binus Business Review 8, no. 3 (November 30, 2017): 237–43. doi:10.21512/bbr.v8i3.3742.

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. “Kajian Hadis Di Era Global.” Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 15, no. 2 (September 22, 2014): 199–212. doi:10.14421/esensia.v15i2.773.

Suyūṭī, ‘Abd al-Raḥmān bin Abī Bakr al-. Tadrīb Al-Rāwī Fī Syarḥ Taqrīb al-Nawāwī. Edited by Ṣalāḥ bin Muḥammad. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1996.

Syahrazūrī, ‘Uṡmān bin ‘Abd al-Raḥmān Ibn Ṣalāḥ al-. Ma‘rifat Anwā‘ ‘Ulūm al-Ḥadīṡ. Edited by Nūr al-Dīn ‘Itr. Beirut: Dār al-Fikr al-Mu‘āṣir, 1986.

Ummah, Siti Syamsiyatul. “Digitalisasi Hadis (Studi Hadis Di Era Digital).” Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 1 (September 30, 2019). doi:10.15575/diroyah.v4i1.6010.

Yaḥṣubī, Iyāḍ bin Mūsā al-. Al-Ilmā‘ Ilā Ma‘rifat Uṣūl al-Riwāyah Wa Taqyīd al-Samā‘. Edited by Al-Sayyid A. Ṣaqar. Kairo: Dār al-Turāṡ, 1970.


Article Metrics

Abstract view : 289 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Akmaluddin



Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng

Jl. Irian Jaya No.10 Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

email: jurnal@tebuireng.ac.id


 

    


Lisensi Creative Commons

Under Liscense of Creative Commons Attributioni-NonCommercial 4.0 International.