TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADIS
Abstract
Abstrak
Pendidikan agama Islam merupakan hal terpenting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dikarenakan pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang di dalamnya terkandung pendidikan moral, intelektual dan spiritual. Pendidikan Islam memiliki tujuan yang didasarkan pada sumber-sumber ajaran agama, salah satunya ada hadis. Hadis menjadi sumber pedoman kedua setelah al-Quran dalam Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur dengan analsis data deskriptif analitis. Dari penelitian tersebut, dapat dihasilkan sebuah konsep tentang tujuan pendidikan Islam dalam perspektif hadis Rasulullah. Hasil penelitianya, ditemukan rumusan terdiri dari 5 poin tujuan pendidikan Islam dalam perspektif hadis, yaitu (1) membentuk dan mengembangkan sirkel ilmiah, (2) penghambaan diri kepada Allah SWT, (3) mengarahkan destinasi penyelenggaraannya kepada akhirat, (4) mendapatkan kebaikan, dan (5) mengembangkan fitrah manusia.
Kata Kunci: tujuan, pendidikan Islam, hadis
Abstract
Islamic religious education is the most important thing in the education system in Indonesia. Because Islamic religious education is education which contains moral, intellectual and spiritual education. Islamic education has a goal that is based on the sources of religious teachings, one of which is hadith. Hadith is the second source of guidance after the Koran in Islam.
This research uses a qualitative approach to study literature with analytical descriptive data analysis. From this research, a concept can be generated about the purpose of Islamic education in the perspective of the Prophet's hadith. The results of his research, found that the formulation consisted of 5 goals of Islamic education in the perspective of hadith, namely (1) forming and developing scientific circles, (2) self-servitude to Allah SWT, (3) directing the purpose of its implementation to the hereafter, (4) getting goodness, and (5) develop human nature.
Keywords: puspose, Islamic education, hadith,
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amna, Arim Zufaida. "HADIS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pandangan Masyarakat Desa Besito-Kudus Terhadap Hadis Larangan Tertawa)." SYARIAH: Journal of Islamic Law 2, no. 2 (2020): 64-87.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Asy‘ari, KH. Muhammad Hasyim. Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim. Jombang: Maktabah at-Turats al-Islami bi Ma‘had Tebuireng, t.t.
Baghawi, Abu Muhammad Husain ibn Mas‘ud al-. Tafsir al-Baghawi al-Musamma bi Ma‘alimi at-Tanziil Juz 2. Kairo: ad-Dar al-Alamiyah, 2016.
Bukhori, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Barduzbah Al-Ju‘fi al-. Shahih al-Bukhori Juz 1. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2010.
———. Shahih al-Bukhori Juz 2. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2010.
———. Shahih al-Bukhori Juz 4. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2010.
Darimi, Abdullah bin Abdurahman bin al-Fadhl bin Bahram bin Abdullah Abu Muhammad ad-. Sunan ad-Darimi. Vol. 1. 254. Riyadh: Dar al-Mughni, 2000.
Dimasqi, Abu Fida‘ Ismail Ibn Umar Ibn Katsir al-Qurasyi ad-. Tafsiru al-Quran al-‘Adzim Juz 2. Kairo: Dar al-Fajr li at-Turats, 2013.
———. Tafsiru al-Qurani al-‘Adzim Juz 1. Kairo: Dar al-Fajr li at-Turats, 2013.
Falah, Ahmad. Hadits Tarbawi. Kudus: Nora Media Enterprise, 2010.
Hasbiyallah, dan Moh. Sulhan. Hadist Tarbawi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Firdaus, Mohamad Anang. Menggagas Pendidikan Maqasidi; Konstruksi Pemikiran Maqasid Ibn ‘Ashur sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2021.
_________, "Moralitas Intelektual dalam Perspektif Fiqh al-Hadith", Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI AL FITHRAH, Vol. 8, No. 2 (Agustus 2018), 63.
Hazimi, Abu Bakar Muhammad ibn Musa al-. Syuruthu A‘immati al-Khamsah. Damaskus: al-Qudsi, 1928.
Hilali, Salim bin ‘Ied al-. Beruntunglah Orang-Orang yang Khusyu‘. Jakarta: Pustaka ibn Katsir, t.t.
HW, Teguh Wangsa Gandhi. Filsafat Pendidikanm Madzhab-Madzhab Filsafat Pendidikan. Sleman: Ar-Ruzz Media, 2020.
Ismail, Faisal. Paradigma Pendidikan Islam, Analisis Historis, Kebijakan, dan Keilmuan. Bandung: Rosda Karya, 2017.
Ma‘arif, M. Syamsul. "NILAI-NILAI AKHLAK DALAM SULUK LINGLUNG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM." EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM 24, no. 2 (1 Juli 2015). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.17.
Mahally, Jalaluddin Muhammad ibn Ahmad al-, dan as-Suyuthi. Tafsiru al-Qurani al-‘Adzim. Surabaya: Nurul Huda, t.t.
Mas‘udi, Hafidz Hasan. Minhatu al-Mughits fi ‘Ilmi Musthalah al-Hadits. Surabaya: Maktabah Muhammad ibn Ahmad Nabhan wa Auladih, t.t.
Muhaimin, Suti‘ah, dan Nur Ali. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Munib, Achmad. "KONSEP FITRAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN." Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 5, no. 2 (19 Desember 2017): 223-41. https://doi.org/10.31942/pgrs.v5i2.2611.
Nabila, Nabila. "Tujuan Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 5 (25 Mei 2021): 867-75. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170.
Naisabury, Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairi an-. Shahih Muslim Juz 2. Bandung: CV Diponegoro, t.t.
———. Shahih Muslim Juz 4. Bandung: CV Diponegoro, t.t.
Nawawi, Muhyiddin Abu Zakariyah Yahya ibn Syaraf an-. al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyidi al-Abror. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2010.
———. al-‘Arba‘una an-Nawawiyah. Jeddah: Dar al-Minhaj li an-Nasyr wa at-Tauzi‘, 2009.
Qazwini, Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah ar-Rabi‘i al-. Sunan ibn Majjah. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2018.
Qudha‘i, Muhammad ibn Salamah. Musnad asy-Syihab Juz 2. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1986.
Qurthubi, Abu Abdillah Muhammad ibn Ahmad ibn Abi Bakr al-. al-Jami‘ li Ahkami al-Quran wa al-Mubayyinu lima Tadhammanahu min as-Sunnah wa Ayyi al-Furqan Juz 16. Beirut: Muassasah al-Risalah, 2006.
Razaq, Achmad Shidiqur, dkk. "Pengertian Stilistika dan Posisinya dalam Ilmu Hadis", NABAWI Journal of Hadith Studies, Vol. 1, No. 2, (Maret 2021), 4.
Rosyidin, Muhammad Abror. "Akhlak Dan Adab Guru Pendidikan Islam Dalam Perspektif KH. M. Hasyim Asy‘ari." Journal of Research and Thought on Islamic Education 4, no. 1 (28 Juni 2021): 35-65.
———. "INTERAKSI PESANTREN DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI." TA‘DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (25 Mei 2021): 53-73. https://doi.org/10.30659/jpai.4.1.53-73.
———. "Pendekatan etis religius dalam pendidikan Islam perspektif KH. M. Hasyim Asy‘ari." Ta‘dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 3 (26 September 2021): 433-50. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5370.
Rosyidin, Muhammad, dan Imron Arifin. "Integration of Islamic and Indonesian Education in the Perspective of KH. Salahuddin Wahid." Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (31 Desember 2021): 227-56. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-02.
Saebani, Beni Ahmad, dan Hendra Akhdiyat. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Samarqandy, Nashruddin Muhammad ibn Ibrahim as-. Tanbih al-Ghafilin bi Ahadits Sayyidi al-Anbiya‘i wa al-Mursalin. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2014.
Shihab, Quraish. Wawasan Al-Qur‘an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 2013.
Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman ibn Abi Bakr as-. Tadribu ar-Rawi fi Syarh Taqribu an-Nawawi. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2017.
Syaibani, Abu Abdillah Ahmad ibn Muhammad ibn Hanbal ibn Hilal ibn Asad asy-. Musnad Imam Ahmad ibn Hanbal Juz 14. Beirut: Muassasah al-Risalah, 2001.
Syaukani, Muhammad ibn Ali ibn Muhammad asy-. Fathu al-Qadir al-Jami‘ baina Fannai ad-Dirayah wa ar-Riwayah min ‘Ilmi at-Tafsir. Beirut: Dar al-Marefah, 2007.
Syukrillah, M. "Teori Ulama Hadis Tentang Syarth Sahih Al-Bukhari." TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 2, no. 2 (31 Oktober 2018): 378-91. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i2.168.
Thabari, Muhammad ibn Jarir ath-. Tafsir ath-Thabari; Jami‘u al-Bayan an Ta‘wil Ayyi al-Quran. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1994.
Thahhan, Abu Hafsh Mahmud ibn Ahmad. Taisir Mushthalah al-Hadits. Jeddah: al-Haramain, 1985.
Tirmidzi, Abu Isa Muhammad ibn Isa ibn Saurah at-. Sunan at-Tirmidzi. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah, 2018.
Wahid, Salahuddin. Berguru pada Realitas, Refleksi Pemikiran menuju Indonesia Bermartabat. Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Tangerang: Mahmud Yunus wa Dzurriyah, 2010.
Zaim, Muhammad. "TUJUAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADITS (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam)." Muslim Heritage 4, no. 2 (30 Desember 2019). https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/1766.
Zainuddin. Seluk Beluk Pendidikan Al-Gazal. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Zamakhsyari, Abu al-Qasim Mahmud ibn Umar az-. al-Kasysyaf an Haqaiq at-Tanzil wa ‘Uyuni at-Ta‘wil fi Wujuhi at-Ta‘wil Juz 2. Kairo: Dar al-Hadits, 2012.
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.